Selasa, 27 November 2012

Blog dan Facebook sebagai Media Pembelajaran

Kehadiran teknologi Internet sudah banyak membantu dan memberikan peluang bagi dunia pendidikan untuk meningkatkan kreativitas aktornya dalam membangun dan mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran penting untuk mendukung strategi belajar mengajar yang ada sehingga materi pelajaran mudah dipahami oleh peserta didik. Media ini dapat membuat suasana lebih menyenangkan.
Salah satu yang sering digunakan saat ini di Internet adalah blog dan facebook. Kedua ini dapat digunakan secara gratis, kecuali hanya mengeluarkan biaya akses (pulsa/sewa Warnet). Blog dapat digunakan untuk menyediakan materi-materi pembelajaran/kuliah/sekolah yang dapat diunduh oleh peserta didik/mahasiswa. Tugas-tugas sekolah disertai materi-materi penjelasnya dapat disediakan di blog. Sehingga ketika peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugasnya, mereka dapat mencari langkah pengerjaannya di blog guru/dosennya.
Sedangkan Facebook digunakan untuk melengkapi blog di atas. Resensi-resensi singkat dapat diposting di status facebook yang dilengkapi alamat blog-nya. Salah satu kelebihan facebook dibandingkan blog adalah media Chatting, sedangkan facebook lebih mudah diakses di media mobile (HP).
Singkatnya, media pembelajaran blog itu lebih lengkap, sedangkan media pembelajaran Facebook leboh interaktif. Interaksi peserta didik dan guru di fasilitas komentar blog seringkali tertunda, karena respon/jawaban gurunya terlambat. Sedangkan di fasilitas status dan chatting Facebook lebih interaktif dan responsif. Bahkan siswa dan guru dapat melakukan tanya jawab melalui Chatting. Kelebihan status dibandingkan chatting adalah akan banyak masukan, sedangkan kelebihan chatting adalah rasa malu peserta didik dapat dikurangi karena yang tahu kelemahannya hanya lawan chattingnya (guru bersangkutan). Dengan kedua media online ini akan meningkatkan komunikasi siswa dan guru yang tidak kaku.
 
sumber : http://money11-info.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Open Panel

Blogroll